Rabu, 17 Oktober 2012

POROS



DEFINISI POROS (SHAFT)

Definisi.Poros adalah suatubagianstasioner yang beputar, biasanya berpenampang bulatdimana terpasang elemen-elemen seperti roda gigi (gear), pulley, flywheel, engkol,sprocket dan elemen pemindah lainnya. Poros bisa menerima beban lenturan, bebantarikan, beban tekan atau beban puntaran yang bekerja sendiri-sendiri  atau berupa gabungan satu dengan l ainnya. (Josep Edward Shigley, 1983)



Pembagian poros.
1. Berdasarkan pembebanan nya
A. Porostransmisi (transmission shafts)
Poros transmisi lebih dikenal dengan sebutan shaft. Shaft akan mengalami bebanpuntar berulang, beban lentur berganti ataupun kedua-duanya. Pada shaft, daya dapat ditransmisikan melalui gear, belt pulley, sprocket rantai, dll.
B. Gandar 
Poros gandar merupakan poros yang dipasang diantara roda-roda kereta barang. Poros gandar tidak menerima beban puntir dan hanya mendapat bebanlentur.
 


C. Poros spindle 
Poros spindle merupakan poros transmisi yang relatip pendek, misalnya pada poros utama mesin perkakas dimana beban utamanya berupa beban puntiran. Selain beban puntiran, poros spindle juga menerima beban lentur (axial load). Poros spindle dapat digunakan secara efektip apabila deformasi yang terjadi pada poros tersebut kecil.


Tidak ada komentar: